Lompat ke konten
Home » Artikel » Honda WR-V Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri Tahun Depan

Honda WR-V Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri Tahun Depan

    honda wrv bandung

    Honda WR-V melakoni debut global di Indonesia. Tidak hanya diluncurkan di Indonesia, Honda WR-V juga akan dikirim ke luar negeri. PT Honda Prospect Motor (HPM) memproduksi WR-V di Indonesia. Mobil ini juga bakal diluncurkan di luar negeri. Ekspor Honda WR-V direncanakan mulai 2023.

    “Kami berencana akan mengekspor mobil ini tahun depan. Tapi ke mana dan berapanya nanti akan kami informasikan,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

    Billy menegaskan, mobil pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini dikembangkan untuk Indonesia. Honda telah mengembangkan mobil ini kurang lebih lima tahun, sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

    “Untuk men-develop mobil ini kita melakukan berbagai macam studi ya. Ke konsumen, dan juga kondisi alam di Indonesia seperti apa. Jadi hasil yang kami dapatkan, (mesin) 121 PS DOHC 1.500 cc itu yang sangat cocok untuk kondisi alam dan kebutuhan konsumen, dan karena powernya besar,” ujar Billy.

    Lihat Juga Kredit Mobil Honda Bandung

    “Ini adalah mobil pertama kali diluncurkan di Indonesia, di-develop, di-study untuk konsumen Indonesia. Untuk tempat lain apakah akan diluncurkan saya belum bisa bicara, tapi ini diluncurkan pertama di Indonesia,” ujarnya.

    Nama WR-V sendiri sebenarnya bukan nama baru untuk SUV Honda. Sejak 2017 lalu, nama Honda WR-V digunakan di crossover berbasis Honda Jazz di India. Namun, Billy menegaskan WR-V ini berbeda dengan WR-V yang pernah diluncurkan di India.

    “Beda. History Honda, nama sama model berbeda itu secara historis bisa saja. Kita tahu HR-V di sini dengan di Amerika beda. Jadi namanya sama, tapi modelnya beda. Jadi WR-V ini di-develop untuk Indonesia. Demand-nya besar Small SUV makanya world premiere di Indonesia,” ujarnya.

    Honda WR-V sendiri menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup. Mesin itu memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

    Sumber Detik.com