Lompat ke konten
Beranda » Artikel » Honda Siapkan Kei Car Bertenaga Listrik

Honda Siapkan Kei Car Bertenaga Listrik

    Honda diketahui menargetkan 30 model kendaraan listrik untuk dihadirkan hingga 2030. Ini merupakan bagian dari strategi Honda dalam mewujudkan target netralitas karbon pada 2050.

    Salah satu langkah yang diambil adalah memperkenalkan produk electric vehicle (EV) di segmen kei car alias mobil kecil. Kelas yang paling ramai di Jepang dan menjadi langkah menarik untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan.

    Model yang dipilih adalah N-Van. Merupakan kei car dengan model mengotak dan penggunaannya bisa juga untuk kendaraan komersial perkotaan. Rencananya, mobil listrik ini akan dirilis pada musim semi 2024.

    Honda belum memperlihatkan desain secara detail. Namun dari gambar yang disebarluaskan, model ini tidak akan terlalu berbeda dengan versi mesin konvensional. Misal soal bodi yang mengotak dengan pintu geser di kiri dan kanan juga atap tinggi ala kei car khas Honda.

    Selain itu N-Van EV ini juga masih membawa keunggulan model konvensional lewat pengaturan jok yang luas. Gambar ilustrasi memperlihatkan kemampuan rata lantai untuk kursi penumpang depan dan baris kedua. Cocok dengan gaya hidup masyarakat urban seperti belanja hingga piknik.

    Honda menargetkan kendaraan listrik terbaru ini bisa memiliki daya jelajah hingga 200 kilometer. Keunggulannya jelas dari motor listrik yang memiliki tenaga akselerasi besar dan tingkat kesenyapan yang cocok untuk area pemukiman perkotaan.

    N-Van pertama kali diperkenalkan 2018 lalu. Langsung menjadi salah satu produk terlaris Honda di segmen minicar. Ia masih dalam satu keluarga N-Series Honda yakni N-One, N-Box dan N-WGN.

    Jualan utama N-Van ada dari ruang kabinnya. Dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.950 mm, N-series tetap memberikan ruang lapang, termasuk di area bagasi. Kemampuan angkutnya hingga empat orang.

    Baca juga : Honda Tampilkan Honda WR-V Di GIIAS Semarang 2022

    Dilengkapi Honda Sensing

    Kendaraan mungil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. N-Van juga memiliki struktur door-in pilar yang berfungsi sebagai pilar tengah saat pintu ditutup.

    Desain ini untuk menciptakan keselamatan pasif saat pintu ditutup. Ini menghasilkan kekuatan setara dengan konstruksi mobil berpilar.

    Honda belum membocorkan lagi soal detail spesifikasi N-Van listrik. Pengembangan teknologi listrik akan jadi percobaan perdana Honda dan diharapkan dapat menarik minat konsumen yang ingin kendaraan ramah lingkungan.

    Sedikit menyinggung mengenai spesifikasi mesin konvensional, N-Van menggunakan unti 3-silinder 660 cc turbo yang menghasilkan tenaga 64 hp dan torsi 104 Nm. Kemungkinan, spesifikasi motor listrik tidak akan berbeda jauh dengan tenaga di atas.

    Pasar kei car Jepang juga menunggu gebrakan teknologi listrik para produsen otomotifnya. Terbaru 20022 lalu, Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X diperkenalkan sebagai Kei car electric. Mereka menawarkan tenaga motor listrik yang ramah lingkungan untuk dipilih.

    Sumber Liputan6.com

    Honda Bandung Center
    Honda Pasteur