Review honda brio 2017

Dibuat pada Jumat, 29 September 2017
410
com_content.article
(1 vote, average 5.00 out of 5)
Review honda brio 20175.00 out of 50 based on 1 voters.


Review Honda Brio 2017Review honda brio 2017. Apabila dibandingkan dengan dua pesaing utamanya, yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Honda Brio memang dirilis paling akhir dalan kata lain si bontot. Kepopuleran varian Low Cost Green Car (LCGS) berkonsep seperti city car memang membuat Honda akhirnya meluncurkan produk small city car-nya. Walaupun hadir belakangan, namun Honda Brio justru hadir dengan sajian spesial. Honda Brio hadir dengan desain yang tidak mengikuti pasar LCGC pada umumnya, Brio tampil dengan konsep desain lebih fresh, lebih sporty, dan tentunya tak kalah keren dengan para pesaingnya. Apabila dibandingkan dengan merek lain di kelas yang sama, Honda Brio memang memiliki karakter yang lebih “anak muda banget”. Hal ini nampak dari konsep bodi runcing ke depan berpadu dengan fascia yang nampak lebih sporty. Konsep desain Honda Brio memang sesuai dengan pilihan segmen PT HPM yang lebih menyasar kaum muda lewat mobil LCGC andalnnya ini. Kepopuleran Brio pun membawanya menjadi salah satu varian LCGC paling digemari konsumen. Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Honda Brio adalah kandungan konten lokal yang dimilikinya mencapai 85 persen, sesuai dengan konsep LCGC yang lebih mementingkan kandungan lokal. Selain itu, pastinya Brio juga didukung oleh mesin tangguh serta interior yang memberikan kenyamanan saat berkendara.

kualitas performanya serta desain bodi yang lebih segar adalah salah satu yang menjadikan Honda Brio cepat memperoleh popularitas di Tanah Air. Meskipun masuk kategori mobil Low Cost, tetapi mobil ini tetap dibekali dengan spesifikasi layaknya mobil terbaru Honda lainnya. Bahkan, Honda Brio saat pertama kali diluncurkan sudah mengusung teknologi Dual SRS Airbags, tak seperti mobil murah lainnya yang fitur kenyamanan tersebut justru dipangkas. Selain tampil dengan desain bodi yang kompak dan stylish layaknya city car masa kini, Honda Brio juga hadir dengan menggendong mesin 1.2 L i-VTEC. Mesin pada ruang dapur pacu Brio tersebut sanggup menghantarkan daya maksimum hingga 88 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11.1kgm pada 4.500 rpm. Untuk ukuran mobil LCGC atau city car, kekuatan mesin Honda Brio ini adalah salah satu yang terbesar di kelasnya. Jika dilihat dari spesifikasi mesinnya saja, Brio menawarkan kapasitas mesin cukup besar di kelasnya, melebihi Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Suzuki Karimun Wagon R. Selain dibekali dengan mesin terbaru Honda, mobil LCGC ini juga sudah didukung dengan fitur World Class Safety, mulai dari fitur ABS dengan EBD pada pengeremannya, seatbelt yang dilengkapi dengan pretensioner plus load limiter, hingga kerangka bodi G-CON yang kini menjadi standar Honda sebagai fitur keamanan tingkat tinggi. Secara sepintas jelas Honda Brio berhasil memberikan spesifikasi untuk kelas kendaraan LCGC di Indonesia. Jadi tak salah jika si mungil Brio ini mendapatkan label “Small Car, Big Power”.


Intip Harga Honda Brio 2017

Honda Brio memang terlihat sangat atraktif, jika dilihat secara visual. Desainnya sendiri terbilang minimalis, tetapi tetap menampilkan aura cantik lewat desain headlight multireflektor 3 dimensi yang cukup lebar sehingga mampu memancarkan cahaya maksimal ketika berkendara di malam hari. Lalu pada bagian grill depan, fascia Honda Brio didesain dengan karakter agresif lewat frame yang berbentuk sabuk dan dilabur dengan warna krom. Lalu bagian tengah frame dilengkapi dengan emblem logo Honda yang nampak begitu ekslusif. Untuk foglamp Honda Brio (kecuali tipe Brio Satya), didesain tanpa ada bingkai dan berdimensi mungil. Meski ukrannya kecil, namun foglamp pada Honda Brio ini sanggup memberikan sinar lebih baik ketika malam hari. Kemudian pada bumper bagian depan yang juga berfungsi sebagai penutup radiator terdapat cover berbahan fiberglass yang dilabur dengan warna hitam untuk menampilkan aura city car modern. Beralih pada sisi Honda Brio bagian samping, tak banyak yang bisa ditampilkan kecuali desain bodi minimalis tanpa banyak lekukan khas mobil LCGC. Namun satu hal yang patut menjadi perhatian adalah body belakang yang kini didesain lebih dinamis dan sporty. Sektor buritan Honda Brio kali ini dilengkapi dengan rear wiper seperti mobil modern. Lalu pada bagian belakang terdapat chrome bumper garnish yang membuat tampilan belakang terlihat lebih mewah dan atraktif. Selanjutnya, pada bagian stop lamp Honda Brio, penempatan lampu rem yang diletakkan di sudut luar kendaraan semakin menambah citra sporty untuk tampilan body belakang. Apalagi menengok spoiler berdesain tail gate yang penuh gaya. Konsep desain pada spesifikasi Honda Brio ini secara jelas mampu menampilkan aura mobil LCGC yang stylish dan modern.

Review Honda Brio 2017 1

Untuk bagian interior Honda Brio, seperti kendaraan LCGC pada umumnya, tampilan interior Brio juga terbilang minimalis. Itu artinya tak banyak fitur-fitur yang disediakan di dalam dashboarnya ataupun kabinnya. Namun walaupun begitu, ternyata tampilan interior dari Honda Brio juga tak tampil mengecewakan, di mana pada bagian dalamnya tetap mengusung kenyamanan untuk penumpang serta pengemudi. Secara konsep, interior Honda Brio didesain dengan kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboard, panel instrumen yang terpasang memang masih standar, namun tetap fungsional. Beberapa panel tersebut antara lain seperti panel audio system, AC, USB port, dan lain-lain. Lalu, pada bagian setir kemudi, kabin kemudi Honda Brio memiliki desain yang cukup minimalis dengan tak banyak instrumen-instrumen yang memenuhi dasbor kemudi. Bergerak ke bagian belakang, Honda juga menempatkan bangku penumpang yang kesemuanya telah dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Material pada bangku penumpang Honda Brio pun juga telah menggunakan material yang cukup baik. Beralih pada bagasinya, untuk bagasinya sendiri cenderung kurang luas. Apalagi pada Honda Brio kita tidak bisa melipat kursi kedua sebagai tambahan bagasi. Namun hal ini wajar mengingat Honda Brio lebih disegmentasikan sebagai kendaraan city car, bukan sebagai kendaraan multi fungsi. Secara kualitas, material yang terdapat pada spesifikasi Honda Brio di bagian interior jelas tak bisa diremehkan karena komposisinya sudah cukup baik sebagai kendaraan masa kini.

Didukung Suspensi Berkualitas

Sebagai LCGC dengan basis city car modern, dimensi mobil besutan Honda ini memang tak terlalu besar. Secara fisik, spesifikasi Honda Brio ini memang sudah pas dengan kebutuhan. Ukuran tubuh mobil ini adalah 3.610 x 1.680 x 1.485 mm. Ukuran tubuh seperti ini membuat Brio mampu menampung hingga maksimal 5 orang penumpang ke dalam kabinnya. Honda Brio pun memiliki jarak sumbu roda sepanjang 2.345 mm, tak terlalu panjang untuk mobil varian LCGC dengan segmentasi daerah perkotaan. Didukung dengan jarak terendah dengan tanah yang pas, maka mobil ini akan sanggup melibas jalanan dengan mantap dan tetap mammpu mempertahankan kenyamanan penumpang di dalamnya. Apalagi, Honda Brio juga didukung oleh suspensi jenis MacPherson Strut untuk bagian depan serta H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakang. Penggunaan suspensi berkualitas tersebut akan semakin memberikan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpangnya. Tak lupa pula, Honda Brio dibekali dengan sistem pengereman ABS serta EBD (khusus tipe S dan E) yang akan memberikan pengereman lebih efektif serta mampu menjaga kestabilan mobil saat direm mendadak. Untuk mendukung semua spesifikasi Honda Brio tadi, diaplikasikanlah velg baja berdiameter 14 inci yang dibalut oleh ban berukuran 175/65.

Mesin 1.2L I-VTEC Performa Bertenaga serta Irit BBM

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa mobil jenis LCGC tak terlalu bertenaga. Anggapan inilah yang hendak dipatahkan oleh spesifikasi Honda Brio pada bagian ruang dapur pacunya. Secara spesifik, sebenarnya mesin pada Brio masih mengusung basis yang sama dengan beberapa model mobil Honda lainnya, seperti misalnya Honda Jazz atau Mobilio. Namun karena Honda Brio ini merupakan varian mobil paling low, maka mesinnya pun juga di-downgrade untuk penyesuaian. Kali ini, Honda mengusung mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC silinder segaris. Mesin tersebut memiliki kapasitas isi silinder mencapai 1.198 cc. Mesin pada Honda Brio ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 109 Nm pada putarann 4.500 rpm. Mesin yang terdapat pada Honda Brio ini diklaim lebih tangguh di segala medan serta memiliki konsumsi BBM yang lebih irit. Apalagi, Honda juga sudah mengaplikasikan teknologi Drive By Wire untuk mengontrol buka-tutup thorttle valve demi mencapai presisi akselerasi namun tetap irit BBM. Selain itu, pada mesin Honda Brio juga terdapat Patterned Skirt Coating, yaitu inovasi desain pada selubung piston untuk meminimalisir gesekan serta meredam kebisingan dan juga berguna untuk memaksimalkan performa. Mesin terbaru ini juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga menjadikan Brio sebagai kendaraan ramah lingkungan. Terakhir, untuk transmisi penggeraknya, review Honda Brio terbaru akan dibagi menjadi dua varian, yakni Brio yang menganut transmisi manual atau otomatis dengan 5 percepatan.

Review Honda Brio 2017 2

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Lengkap

Desain cakep ditambah mesin tangguh, tentunya review Honda Brio juga harus dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang keselamatan dan kenyamanan. Untuk fitur keselamatan, Honda membangun Brio dengan mengusung teknologi rangka bodi G-CON + ACE. Struktur rangka bodi Honda Brio ini akan memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi juga penumpangnya saat terjadi benturan. Selain itu, Honda pun membekali Brio dengan standar keamanan yang sudah sering digunakan pada varian mobil lain, seperti misalnya Side Impact Beam, Pedestrian Protection, serta Dual Front SRS Airbags. Hebatnya lagi, semua fitur keamanan itu hadir pada Honda Brio semua tipe. Jadi, Honda memang tak pilih-pilih dalam menjamin keselamatan konsumennya. Saatnya berpindah pada fitur keamanan dan kenyamanan. Untuk fitur keamanan, Brio sudah dibekali dengan Wave Key untuk semua tipe, serta Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk tipe S dan E. Honda Brio sendiri sudah dilengkapi dengan fitur multimedia, seperti Single Disc, MP3/WMA, Audio System Double Din AM/FM, Aux Input, Made for iPod (Tipe E), USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S) yang bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan ketika berkendara. Tak lupa juga, ada fitur stabilitas berkendara lewat Electric Power Steering dan panel Eco Indicator yang bisa memberikan detail informasi secara real time untuk pengemudi. Terakhir, spesifikasi Honda Brio juga sudah dilengkapi dengan AC untuk memberikan kesejukan di ruang kabin.

Baca juga : First Drive Honda Jazz Facelift 2017 Terbaru

https://id.wikipedia.org/wiki/Honda_Brio

Dilihat: 277