Penjualan Mobil Honda Melonjak 146 Persen

Created on Monday, 16 April 2012
67
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Penjualan Mobil Honda Melonjak 146 Persen0 out of 50 based on 0 voters.


Jakarta (ANTARA) - Penjualan mobil Honda di dalam negeri melonjak sekitar 146 persen menjadi 4.686 unit pada Maret dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 1.904 unit, menyusul semakin pulih produksi dan pasokan mobil beserta komponennya pascabencana banjir di Thailand.


Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, melalui keterangan pers, yang diterima ANTARA, di Jakarta, Kamis, mengungkapkan pihaknya akan meningkaykan pasokan ke dealer untuk memenuhi permintaan konsumen yang telah memesan mobil, khususnya Honda Jazz, Honda CR-V, dan Honda Freed.

Ia mengatakan ketiga model tersebut diproduksi HPM di pabrik Karawang, Jawa Barat, setelah pasokan komponen yang sempat terganggu akibat banjir di Thailand mulai kembali normal. Meskipun demikian, lanjut dia, hingga bulan Maret lalu Honda masih belum dapat memenuhi permintaan konsumen untuk model sedan yang diimpor langsung dari Thailand.

"Kami akan fokus untuk segera memenuhi permintaan konsumen yang telah memesan produk Honda. Kami juga akan terus meningkatkan ketersediaan produk Honda di dealer sehingga penjualan Honda di bulan-bulan berikutnya bisa meningkat," katanya.

Peningkatan penjualan HPM pada Maret tersebut memperbaiki posisi Honda dari tempat ke-8 pada Pebruari dengan pangsa pasar 2,2 persen menjadi peringkat ke-6 dengan penguasaan pasar mobil di Indonesia sebesar 5,3 persen. Secara total, penjualan HPM pada triwulan pertama mencapai 8.143 unit.

Honda Jazz masih menjadi pemberi kontribusi penjualan terbesar yaitu 2.354 unit pada Maret, sedangkan sepanjang triwulan pertama mencapai 2.760 unit, dengan penguasaan pasar hatchback (sedan buntung) sebesar 21 persen.

Kemudian Honda Freed dengan angka penjualan sebesar 1.379 unit pada Maret dan pada triwulan I mencapai 4.298 unit, dengan penguasaan pasar kendaraan serba guna (MPV) 12 persen.

Sementara di segmen SUV (sport utilities vehicle) Honda CR-V memberi kontribusi penjualan sebesar 802 unit pada Maret, sehingga total penjualan sampai triwulan I mencapai 874 unit dan menguasai delapan persen pasar SUV. Sedangkan di segmen MPV premium Honda Odyssey, penjualan menjualanya mencapai 151 unit pada Maret 2012 dan pada triwulan I mencapai 211 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Maret peringkat pertama sampai ke-5 penjualan mobil secara nasional dikuasai Toyota (33.309 unit), Daihatsu (13.198 unit), Mitsubishi (11.982 unit), Suzuki (7.120 unit), dan Nissan(5.922 unit). - Honda Bandung

 

Hits: 2040