Mengulik Honda All-New CR-V

Created on Wednesday, 21 November 2012
53
com_content.article
(1 vote, average 5.00 out of 5)
Mengulik Honda All-New CR-V5.00 out of 50 based on 1 voters.


Honda All New CR-VSalah satu SUV menengah yang paling ditunggu dan termasuk terlaris di Indonesia, model terbarunya, All-New  CR-V sudah diperkenalkan kepada media minggu lalu. Sedangkan umum,

baru bisa melihat minggu ini di IIMS 2012.

Sudah banyak yang tahu tentang perubahan dan sosok generasi ke-4 CR-V ini sejak tahun lalu. Namun bagaimana dengan versi yang dijual Honda di Indonesia? Perlu penjelasan panjang. Pasalnya, Honda memasarkan All-New CR-V dengan pilihan dua mesin yang berbeda, yaitu 2,0 liter dan 2,4 liter. Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual, Honda Prospect Motor (HPM), varian 2,4 liter terjual lebih banyak, yaitu 70 persen.

Perbedaan harga kedua varian cukup besar. Paling standar 2.0L dengan transmisi manual dijual Rp 359 juta sedangkan paling mahal, bermesin 2,4L dan transmisi otomatik Rp 404 juta. Ada catatan: harga tersebut untuk wilayah Jabodetabek dan dianggap sebagai mobil pertama.

Desain
Wajah CR-V ini mengalami perubahan total, baik gril, lampu depan, bemper sampai kap mesin. Lampu depan menggunakan model proyeksi. Tidak disebutkan tipe bohlam (HID atau halogen). Hanya, dijelaskan cahayanya dua kali lebih terang dari lampu halogen dan konsumsi listrik rendah. Tambahan menarik adalah LED pada bagian bawah lampu utama.

Airdam atau bawah bemper depan menggunakan warna hitam, termasuk rumah lampu kabut. Khusus yang terakhir, hanya dipasang pada varian 2.4L.
Perubahan yang sangat mencolok di eksterior adalah lampu kombinasi belakang. Dari samping tampak melengkung hampri seperti bumerang (tren lampu belakang masa kini). Sedangkan kaca atau pintu belakang, dibuat bongkok seperti hatchback.

Kaca di pilar C, kini bagian bawahnya ditekuk atau tidak lagi seperti kupe.Tambahan lain adalah kaca berwarna (tinted) biru yang bisa menolak  panas. Dengan desain baru tersebut, Honda memberi temah  pada All-New CR-V: Everybody’s Watching.

Smart  Key
Dengan kunci ini,pengemudi  tidak perlu mengeluarkannya dari kantung untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin. Tarik handle (kunci di kantung atau di pegang), pintu akan terbuka. Hal yang sama berlaku untuk bagasi. Lantas bagaimana kalau baterai lagi soak? Menurut, Honda masih bisa dibuka secara manual.

Interior
Tingkat kemewahannya trgantung varian. PastinyaCR-V 2.4L lebih mewah karena jok dibalut dengan kulit yang nyaman diduduki, termasuk setirnya. Sedangkan versi 2.0L menggunakanfabric.

Makin mewah lagi karena setelan jok dilakukan dengan menarik atau menekan tombol di samping jok (power seat)  plus penahan pinggul (lumbar support). AC juga diatur secara otomatis, menggunakan kontrol suhu dua zona. Versi 2.0 Liter, pengaturan jok dan AC dilakukan secara manual.  

Desain jok berkesan mewah menarik dan nyaman diduduki. Dudukan jok juga bisa dilipat, terpisah dari sandarannya. Hebatnya lagi,  lantai SUV dirancang rata. Penahan kepala jok pengemudi dan penumpang bisa diubah posisinya ke arah depan (bukan hanya tinggi rendah). - Honda Bandung

(KompasOtomotif)

Hits: 1820