Honda CR-V Baru Bisa Pakai BBM Dibawah RON 90

Dibuat pada Jumat, 12 Mei 2017
384
com_content.article
(1 vote, average 5.00 out of 5)
Honda CR-V Baru Bisa Pakai BBM Dibawah RON 905.00 out of 50 based on 1 voters.


Baru saja diluncurkan ubahan baru SUV andalan Honda CR-V dengan memakai mesin baru yaitu 1.500 cc turbo oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Ditanya perihal kemampuan CR-V menenggak bahan bakar dengan RON rendah, seorang petinggi Honda sempat mengungkapkan, tidak keberatan jika Honda CR-V baru bisa pakai BBM dibawah RON 90.
Honda CR-V Baru Bisa Pakai BBM Dibawah RON 90
Itu berarti, bahan bakar Premium yang memiliki RON 88, sebenarnya tidak menjadi masalah jika digunakan pada mobil ini. Namun dia tetap merekomendasikan mobil tersebut menggunakan bahan bakar RON 92 seperti yang tertera di buku manual.



Terkait hal tersebut, Marketing and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, menjelaskan bahwa pihaknya memang merekomendasikan menggunakan bahan bakar RON 92. Meski begitu, pihaknya mengerti bahwa di daerah tertentu terkadang  hanya tersedia bahan bakar Premium.

"Sering dijumpai di daerah tertentu, utamananya area pedalaman, hanya ada Premium. Bisa dipakai, tapi setelah kembali dipakai yang direkomendasikan," ujar Jonfis.

RON sebetulnya berkaitan dengan kompresi kendaraan. Jika RON tidak sesuai dengan kompresi, maka yang akan terjadi adalah adanya gejala detonasi alias mesin ngelitik akibat proses pembakaran pada mesin yang tidak tepat waktunya. Namun menurut Jonfis, gejala detonasi tergantung seberapa rendah kualitas bahan bakarnya.

"Di Honda ada Knock Sensor yang mencegah hal tersebut. Tetapi kembali lagi, kualitasnya seberapa rendah. Tidak dianjurkan untuk memakai yang tidak direkomendasikan," tutup Jonfis.

Baca juga info seputar mobil Honda di Bandung

Dilihat: 425